Rabu, 13 Januari 2010

Apakah Memori itu?

Dapatkah kau menyebutkan abjad dengan mudah dan cepat? Dapatkah kau menulis namamu dengan mudah? Dapatkah kau memainkan tangga nada pada alat musik?

Mungkin kau akan berkata kau hafal semua ini. Tetapi apa yang sebenarnya kau lakukan adalah mempelajarinya. Dan caramu belajar adalah dengan membuat kebiasaan! Dengan kata lain, apa yang dulunya sulit, seperti mengucapkan abjad atau memainkan tangga nada, menjadi mudah dan hampir otomatis setelah kau membuat kebiasaan melakukannya. Jadi memori dapat dijelaskan sebagai cara membuat kebiasaan.


Manusia mempunyai sangat banyak kebiasaan yang membuatnya mampu melakukan banyak dari hal yang biasa dalam hidup, seperti memasang kancing atau mencuci tangan. Tapi misalkan kau membaca buku dan seseorang bertanya apa isi buku itu, atau untuk menceritakan sebuah kisah. Tentu saja ini tidak dapat disebut kebiasaan.

Tapi kalau kau mengamati situasi ini dengan cermat, kau akan melihat bahwa sesuatu yang mirip sekali dengan kebiasaan memegang peranan. Misalnya, dalam kebiasaan, kau belajar bagaimana meletakkan benda tertentu dalam susunan yang tepat. Sekarang, ketika kau harus menceritakan kisah dari dalam buku, atau mengatakan apa isinya, kau melakukan hal yang sama. Bahkan, beberapa psikolog berkata bahwa semua yang kita pelajari (dan ini juga berarti memori) terdiri dari kombinasi kebiasaan-kebiasaan sederhana.

Tapi ini tidak berarti bahwa untuk mempelajari atau mengingat kau hanya membuat kebiasaan dengan melakukan praktek berulang-ulang. Ada beberapa hal lain yang memasuki situasi yang memungkinkanmu mempelajarinya dan mengingat dengan lebih baik.

Salah satunya adalah kemauan belajar, atau motif, atau intensif. Hal lain yang juga penting adalah pengertian pada apa yang dipelajari. Misalnya, kau akan mempelajari (atau menghafal) puisi lebih cepat bila kau mengerti isinya. Dan kau juga akan lebih lama mengingatnya.

Bantuan lain yang juga penting dalam mempelajari dan mengingat adalah menghubungkan atau asosiasi ide baru dengan ide yang sudah kau simpan di memorimu.

(diambil dari beberapa sumber)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar